Kamis, 05 Juni 2008

Karakteristik manajemen strategis

Bab ini membuka tema yang akan dibahas dalam semua hal dalam buku ini. Pertama, isu global mempengaruhi hamper semua keputusan strategis. Fondasi manajemen strategis terletak pada kemampuan manajer dalam mengerti pesaing, pasar, harga, pemasok, distributor, pemerintah, kreditor, pemegang saham, dan pelanggan seluruh dunia. Tema kedua adalah bahwa elektronik commerce telah menjadi alat penting bagi keputusan manajemen strategis. Tema ketiga adalah bahwa lingkungan hidup telah menjadi isu manajemen strategis yang penting.

Apa yang dimaksud dengan manajemen strategis?

Manajemen strategis dapat didefinisikan sebagai seni dan ilmu untuk memformulasikan, mengimplementasi, dan mengevaluasi keputusan lintas funsi yang memungkinkan organanisasi dapat mencapai tujuannya. Kadang-kadang isi manajemen strategis mengacu pada formulasi, implementasi, dan evaluasi strategi., sedangkan perencanaan strategis hanya mengacu pada formulasi strategi. Tujuan manajemen strategis adalah untuk mengeksploitasi dan meciptakan peluang baru yang berbeda untuk masa mendatang, perencanaan jangka panjang, sebaliknya, mencoba untuk mengoptimalkan tren sekarang untuk masa depan. Perencanaan strategis intinya adalah rencana permainan.

Tahapan dalam manajemen strategis:

1. Formulasi strategi, termasuk mengembangkan visi dan misi, mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal perusahaan, menentukan kekuatan dan kelemahan internal, menetapkan tujuan jangka panjang, merumuskan alternative strategi dan memilih strategi tertentu yang akan dilaksanakan.

2. Implementasi strategi, mensyaratkan perusahaan untuk menetapkan tujuan tahunan, membuat kebijakan, memotivasi karyawan, dan mengalokasikan sumber daya sehingga strategi yang telah doformulasikan dapat dijalankan. Melaksanakan strategi berarti memobilisasi karyawan.

3. Evaluasi strategi, adalah tahap final dalam manajemen strategis. Tiga aktivitas dasar evaluasi adalah: meninjau ulang factor eksternal dan internal yang menjadi dasar strategi saat ini, mengukur kinerja, dan mengambil tinadakan korektif.

Ketiga aktivitas ini terjadi di 3 hierarki dalam perusahaan besar: korporat, divisional, atau unit bisnis strategis dan fungsional.

Istilah penting dalam manajemen strategis

Keunggulan kompetitif

Yang berdasar terminology berarti sebagai segala sesuatu yang dilakukan dengan sangat baik oleh sebuah perusahaan dibandingkan dengan pesaingnya. Perusahaan harus berusaha untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dengan secara terus menerus beradaptasi dengan trend an kejadian eksternal serta kemampuan, kompetensi, dan sumber daya internal, dan dengan secara efektif memformulasikan, mengimplementasi, dan mengevaluasi strategi yang mengambil kuntungan dari factor-faktor tersebut.

Penyusun Strategis

Penyusun strategi adalah individu yang paling bertanggung jawab atas kesuksesan atau kegagalan organisasi. Para penyusun strategi membantu organisasi mengumpulkan, menganalisis, dan mengoraganisasikan informasi.

Pernyataan visi dan misi

Pernyataan visi merupakan statement yang menjawan pertanyan “ ingin menjadi apakah kita?” mengembangkan pernyataan visi sering dianggap sebagai tahap pertama dalam perencanaan strategis, bahkan mendahului pembuatan pernyataan misi. Pernyataan misi adalah pernytaan tujuan jangka panjang yang membedakan stu perusahaan dengan perusahaan sejenis lainnya. Pernyataan ini menjawan pertanyaan “apapakh bisnis kita?”

Peluang dan ancaman eksternal

Peluang dan ancaman eksternal mengacu pada ekonomi, social, budaya, demografi, lingkungan, politik, hukum, pemerintah, teknologi serta tren kompetisi dan kejadian yang secra signifikan dapat menguntungkan atau membahayakan organisasi di masa depan. Kekuatan pesaing dapat menjadi ancaman.

Kekuatan dan kelemahan internal

Kekuatan dan kelemahan Internal adalah aktivitas organisasiyang dapat dikontrol yang dijalankan dengan sangat baik atau sangat buruk

Tujuan jangka panjang

Tujuan dapat didefinisikan sebagai hasil yang spesifik yang ingin dicapai suatu organisasi untuk menjalankan misi dasarnya.jangka panjang artinya lebih dari satu tahun. Tujuan adalah penting untuk keberhasilan suatu organisasi sebab mereka memnentukan tujuan, membantu evaluasi, menciptakan sinergi, menunjukan prioritas. Tujuan harus menantang, terstruktur, konsisten, masuk akal dan jelas.

Strategi

Strategi adalah alat untuk mencapai tujuan jangka panjang.

Tujuan tahunan

Tujuan tahunan adalah target jangka pendek yang harus dicapai organisasiuntuk mencapai tujuan jangka panjangnya. Seperti juga tujuan jangka panjang, tujuan tahunan harus terukur, kuantitatif, menantang, realistis, konsisten dan memiliki prioritas.

Kebijakan

Kebijakan adalah alat untuk mencapai tujuan tahunan. Kebijakan mencakup pedoman, peraturan, dan prosedur yang dibuat untuk mendukung usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kebijakan adalah pedoman untuk pengambilan keputusan dan memberi jawaban atas situasi yang rutin dan berulang. Kebijakan memingkinkan adanya konsistensi dan koordinasi di dalam dan diantara departemen.

Model manajemen strategis

Model ini tidak menjamin keberhasilan, tetapi model tersebut menunjukan pendekatan yang jelas dan praktis untuk memformulasi, mengimplementasi, dan mengevaluasi strategi. Mengidentifiksikan visi, misi, tujuan, dan strategi perusahaan saat ini adalan titik awal yang logis untuk manajemen strategis karena situai dan kondisi perusahaan tidak cocokdengan strategi tertentu. Banyak organisasi yang menjalankan rapat formal enam bulana untuk memperbarui vivi dan misi perusahaan,peluang dan ancman, kekuatan, kelemahan, strategi tujuan kebijakan dan kinerja.

Manfaat manajemen strategis

Secara historis, manafaat utama manajemen strategis telah membantu organisasi memformulasikan strategi yang lebih baik dengan menggunakan pendekatan yang sistematik, logis dan rasional untuk pilihan strategi.komunikasi adalah kunci sukses manajemen strategi.tujun utama dari proses adalah untuk mencapai pemahaman dan komitmen dari seluruh manajemen dan staf. Manfaat besar dari manajemen strategis adalah peluang bahwa proses memungkinkan untuk meningkatkan kemampuan individidu.

Manfaat finansial

Penelitian menunjukan bahwa organisasi yang menggunakan konsep manajemen strategis lebih menguntungkan dan berhasil dibandingkan organisasi lain yang tidak menggunakan. Perusahaan dengan kinerja tinggi tampaknya membuat keputusan yang dilatarbelakangi informasi yang lengkap dengan antisipasi yangbaik tentang konsekuensi jangka pendek dan jagka panjang.

Manfaat nonfinansial

Manajemen strategis menawarkan manfaat lainnya seperti meningkatkan kesadaran atas ancaman eksternal, pemahaman yang lebih baik atas strategi pesaing, meningkatnya produktivitas karyawan, mengurangi keengganan untuk berubah, pengertian yang lebih baik atas hubungan antara kinerja dan penghargaan.

Berikut adalah beberapa alasn untuk tidak melakukan perencanaan strategis atau perencanaan strategis yang buruk:

  • Struktur penghargaan (renumerasi) yang buruk
  • Memadamkan masalah
  • Membuang-buang waktu
  • Terlalu mahal
  • Kemalasan
  • Puas dengan kesuksesan
  • Takut gagal
  • Terlalu percaya diri
  • Pengalaman buruk di masa lalu
  • Kepentingan pribadi
  • Ketakutan atas sesuatu yang tidak diketahui
  • Perbedaan pendapat yang jujur
  • Kecurigaan

Beberapa bahaya untuk diwaspadai dan dihindari dalam perencanaan strategis adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan perencanaan strategis untuk memilki kontrol atas sumber daya dan keputusan
  • Hanya untuk memenuhi persyaratan undang-undang atau akreditasi
  • Terlalu cepat bergerak dari misi ke formulasi strategi
  • Gagal mengkomunikasikan kepada staf
  • Banyak keputusan intuitif pada manajer tingkat atas
  • Manajer tingkat atas tidak aktif mendukung proses penrnyataan strategis

Etika bisnis dapat didefinisikan sebagai aturan dalam organisasi yang menjadi pedoman pembuatan keputusan dan perilaku. Etika bisnis yang baik adalah prasyarat untuk manajemen strategis yang baik, etika yang baik akan menghasilkan bisnis yang baik.

2 komentar:

  1. Hiiiii,,keren neh tulisan dapat di mana,,,,kasi tau downk bukunya,,,


    Ichan

    BalasHapus
  2. ID emailnya minta downk kita disguise

    wm.ihsanul@yahoo.co.id

    BalasHapus

GDD Global Development Delay

Long time no write... Mendampingi anak anak dan mengurus rumah sudah menjadi hal biasa sekarang. Antar jemput si kakak dan drop si adik ke d...