Minggu, 15 Oktober 2023

GDD Global Development Delay

Long time no write...

Mendampingi anak anak dan mengurus rumah sudah menjadi hal biasa sekarang. Antar jemput si kakak dan drop si adik ke daycare. Kenapa kok si adik ke daycare? Padahal mamanya di rumah. Ceritanya panjang dan tentunya ada urusannya juga sama perkara drama Asisten Rumah Tangga. Setelah resign dan full di rumah, saya baru merasakan betapa ribetnya jadi emak-emak. Beda sama wanita karir yang punya banyak waktu aktualisasi diri di luar sana. Soal masalah, tentunya keduanya punya masalah masing-masing donk. Tidak mungkin full baik -baik aja.
 
Jadi setelah si bontot lahir dengan prematur, BBLSR, sering lupa nafas serta erb palsy, tibalah waktunya konsul ke tumbuh kembang karena perkembangannya tidak sesuai. Dan jreng!!! Dinyatakanlah GDD alias Global Delay Development. Sempet mikir itu apaan ya.. Oh kalo bbrp/hampir semua perkembangannya ga sesuai usia. Contohnya seperti belon bisa duduk, belon bisa makan bubur, belon bisa ngomong. Padahal waktu konsul itu usia si bontot udh 1 tahun. Loh kok 1 tahun belon duduk baru dibawa ke Tumbuh kembang? Ya kalo bisa bawa pas 1 tahun atau kurang, pasti kita bawa. Cuma kan karena operasi atresia ani dan lain lainnya, dokter menyarankan setelah operasi saja karena fisik anak lemah. Lagian juga kudu antri panjang bgt deh buat dipanggil konsul. Maklum, waktu itu juga pasca pandemi.

Awalnya dulu hanya dapat dua terapi, terapi makan dan fisioterapi. Tapi, ternyata dokternya khilaf, karena harusnya ada okupasi terapi. Ah dasar manusia. Hingga akhirnya 1.5 tahun berlalu, sekarang si bontot udh 2.5 tahun. Meski belum juga lulus dari 3 terapi tersebut tapi ya lumayan lah. Udah mulai jalan dan ngerambat dikit dikit. Panik? Pasti panik. Tapi daripada curhat ke orang- orang yang nyepelein perasaan panik kita, mending dipendem aja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GDD Global Development Delay

Long time no write... Mendampingi anak anak dan mengurus rumah sudah menjadi hal biasa sekarang. Antar jemput si kakak dan drop si adik ke d...